Kamis, 24 November 2016

( Bag.2 - RISET & MEMILIH KEYWORD ) Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog


Sebelumnya telah dibahas penting-nya KONTEN dalam sebuah blog. Nah, selanjutnya yang perlu dipahami adalah KEYWORD.

Mendapatkan uang dari blog akan sulit sekali apabila Anda tidak mengetahui tentang Keyword. Silahkan Anda membuat banyak konten, akan tetapi, tidak ada yang bisa menjamin bahwa konten tersebut akan menghasilkan uang untuk Anda, sekalipun konten tersebut sangat-sangat berkualitas.

Ya, konten memang dapat membuat pengunjung betah di dalam blog, dapat meningkatkan jumlah pageview, dapat menuai kontroversi, menyebabkan terjadinya viral, bahkan dapat membuat orang ngiler. Ya, ngiler kalau isi-nya tentang masakan . Hehehee.

Tapi, jika Anda bukan Selebritis Blogger (blogger yang sekali tulis dapat membuat banyak viral dan komentar), jangan terlalu berharap traffict blog Anda akan meledak karena adanya konten. Alasannya sederhana; Tak Kenal, Maka Tak Sayang. Siapa yang akan membaca konten, kalau pengunjung atau pembacanya saja tidak ada.

Perlu digarisbawahi bahwa pondasi awal untuk menghasilkan traffict di dunia internet marketing adalah Keyword. Apapun sumber traffic yang Anda kuasai, baik gratis maupun berbayar, tetap kuncinya adalah Keyword. Jadi Keyword adalah kunci untuk mendapatkan traffict. Traffict = Uang. Dengan adanya traffict, orang baru bisa bicara soal konten.

Namun, perlu juga diingatkan, tidak semua keyword dapat menghasilkan traffict yang tinggi, bahkan ada banyak Keyword yang tidak bernilai sama sekali. Ada juga keyword yang nilai traffictnya tinggi, namun tidak penting, misalnya "Login Gmail". Banyak netter yang mengetik keyword seperti ini di Google, bukan karena mencari informasi bagaimana cara login di Gmail, tetapi karena mereka malas mengetik alamat website (URL) di browser.

Maka, untuk mengetahui keyword-keyword berharga yang sesuai dengan harapan tersebut, tentu yang harus dilakukan adalah riset.

SEBERAPA PENTING KEYWORD RESEARCH ?

Ada banyak keutungan yang didapat dengan melakukan riset keyword:, di antaranya :
  1. Dapat menentukan niche atau tema blog yang akan diseriusi, 
  2. Dapat menentukan nama domain yang sesuai dengan niche blog, misalnya www.cararisetkeywordterbaru.com
  3. Dapat menganalisis tingkat kesulitan tiap-tiap keyword, khususnya tingkat persaingan
  4. Dapat menentukan keyword-keyword yang tepat untuk ditempatkan di halaman blog dan postingan
  5. Mengetahui estimasi harga klik iklan (jika sumber pemasukan blog adalah Google Adsense)
  6. Memudahkan dalam melakukan teknis SEO, khususnya Anchor Text yang beragam untuk digunakan ketika membangun backlink
  7. Jika Anda memesan tulisan dengan jasa penulis konten, Anda bisa meminta keyword-keyword apa saja yang harus ada di dalam konten tersebut.
Umumnya, riset keyword bertujuan untuk melihat seberapa besar traffict yang dapat dihasilkan dalam satu keyword, dan seberapa berat persaingannya. Tentu keyword yang dimaksud adalah keyword tetarget yang dapat menghasilkan pembeli, atau meningkatkan jumlah klik iklan.



PERMAINAN KEYWORD
Halaman 1 di Google, sebenarnya terlalu sesak untuk diduduki. Hanya 10 kursi. Postingan yang berada di posisi 1, 2, 3 di halaman 1 Google begitu menarik untuk dilihat dari kejauhan, ibarat mengintip bidadari sedang mandi di bawah air terjun.

Saya percaya, cukup dengan menguasai 1 keyword di situs mesin pencari Google, nasib seseorang bisa berubah secara drastis. Dari miskin, bisa menjadi kaya mendadak.

Lihar gambar di atas, ketika blog Anda berhasil menguasai  keyword "Jual Kado Ulang Tahun", maka peluang untuk mendapatkan uang dari pembeli yang membeli kado secara online akan terbuka luas. Apalagi jika kelak Anda memilih sumber penghasilan blog dari bisnis CPA atau Afiliasi, Anda akan masuk ke dunia yang penuh dengan uang, uang dan uang tanpa perlu ribet memikirkan packing barang. Blog benar-benar menjadi mesin uang.

Setiap orang punya pilihan, ada yang sibuk dengan banyak keyword, ada pula yang fokus di dalam 1 blog hanya dengan beberapa keyword. Yang penting, pilihlah mana yang sesuai dengan passion Anda. Kalau saya sendiri, lebih senang fokus dengan beberapa keyword. Bisa dikatakan SPESIALIS KEYWORD TERTENTU.


JANGAN MENJADI TUKANG BECAK, JIKA INGIN MENDAPAT PENGHASILAN RATUSAN JUTA RUPIAH !!!
Setiap pilihan akan menentukan hasil
Pilihlah Keyword yang dapat mempercepat impian Anda

*****

JENIS-JENIS KEYWORD

Sepengetahuan saya, ada 5 jenis keyword yang harus diketahui seorang blogger yang ingin menghasilkan uang lewat blog, yaitu :
  1. Buying Keyword
  2. Asking Keyword
  3. Seasonal Keyword
  4. Spesific Keyword
  5. Brand Keyword

1. Buying Keyword
adalah keyword yang dapat menghasilkan transaksi jual beli. Contohnya, 'jual baju anak murah', 'toko olahraga online murah' , 'tas burberry murah berkualitas'.


2. Asking Keyword 
adalah keyword yang digunakan untuk pertanyaan atau memecahkan suatu masalah. Umumnya, asking keyword ini menggunakan awalan kata: bagaimana cara dan kenapa. Contohnya, 'bagaimana cara mengatasi anak susah makan', 'bagaimana cara download youtube tanpa software', 'kenapa sakit punggung sebelah kiri'


3. Seasonal Keyword

Seringkali disebut kata kunci musiman. Keyword seperti ini biasanya ramai pada saat moment atau musim-musim tertentu. Misalnya, musim piala dunia, hari raya, valentine, tahun baru, dan masih banyak lagi.

Contoh Seasonal Keyword, 'contoh kartu ucapan valentine', 'kata-kata mutiara lebaran', 'kata romantis buat pacar tahun baru'.


4. Spesific Keyword

Kata kunci seperti ini biasanya digunakan seseorang yang ingin mengetahui sesuatu secara detil dan tidak umum. Bisa berupa istilah-istilah untuk suatu bidang. Keyword yang seperti ini biasanya memiliki persaingan yang rendah, tapi tidak menutup kemungkinan traffict yang didapatkan sangat tinggi.

Misalnya, 'hukum bacaan mim sukun' ,'contoh rpp ktsp sma', 'template seo friendly responsive''.


5. Brand Keyword
Kata kunci ini dapat dkatakan turunan dari Buying Keyword. Brand Keyword ini lebih kepada informasi terbaru dari sebuah brand. Seperti harga, model, dan ulasan produk terbaru.

Contohnya, 'harga iphone 7 plus di indonesia', 'katalog tas Burberry original', dan lain-lain.


*****

Salah satu ilmu yang paling berharga dan mahal di dunia Internet Marketing adalah riset keyword.

Riset keyword akan terus mengalami perkembangan mengikuti algoritma situs mesin pencari. Tool-tool Keyword Research terbaru akan selalu bermunculan. Yang paling penting, bukan seberapa banyak tool yang Anda miliki, tapi seberapa dalam Anda menguasai tool tersebut.

Ada 2 istilah yang sering digunakan di dalam riset keyword, yaitu menentukan Short Keyword (keyword pendek), dan Long Tail Keyword (keyword panjang).

Long Tail Keyword bisa dikatakan adalah keyword turunan dari Short Keyword.

Short Keyword


Long Tail Keyword


Jika Anda mengikuti kursus online 'cara riset keyword', atau membeli keyword dari seorang Penjual Keyword, sebenarnya yang lebih ditekankan adalah Long Tail Keyword (LTK) Karena dianggap, LTK adalah bentuk keyword yang lebih mudah untuk menahlukan kompetitor di situs mesin pencari. Dan LTK dianggap, lebih sering digunakan dalam pencarian, dibandingkan Short Keyword

Mungkin lain kali saya akan membahas riset keyword dan long tail keyword ini secara detil.

Di dalam tulisan ini saya hanya membahas langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memonitizing sebuah blog. Termasuk poin-poin penting yang harus diketahui oleh seorang blogger.

Oke. saya rasa cukup sekian pembahasan mengenai keyword ini. Selanjutnya yang akan dibahas adalah Sumber Traffict.


 ..... bersambung ....